7 Lapas Yang Ada di Nusa Kambangan

Anda hanya butuh waktu membaca artikel ini.
Nusa Kambangan telah menjadi topik berita internasional setelah menjadi tempat pelaksanaan eksekusi terpidana mati kasus narkoba tahap 1, 18 Januari 2015 lalu.

Dalam beberapa hari ke depan, penjara dengan tingkat keamanan paling tinggi (Maximum Security Prison) di Indonesia ini juga kembali akan dijadikan tempat pelaksanaan eksekusi mati terpidana narkoba tahap dua.

Sebenarnya dimana Nusa Kambangan ini ?

Secara geografis, walaupun berdekatan dengan Kabupaten Cilacap, pulau yang disebut sebagai "lembah kematian" ini, bukan menjadi wilayah administratif kabupaten ini. Nusa Kambangan dianggap sebagai pulau terluar Indonesia dan dimiliki langsung oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Untuk masuk ke penjara ini, orang harus menyeberang dengan kapal feri dari pelabuhan Wijayapura (Cilacap) menuju pelabuhan Sodong yang dikelola secara khusus oleh Kementerian Hukum dan HAM. 

Banyak orang awam yang belum tahu, bahwa di pulau seluas 121 m2 ini terdapat lebih dari satu lapas (Lembaga Pemasyarakatan). Beberapa lapas merupakan produk peninggalan masa kolonial Belanda sehingga sudah sangat tua. Berikut ini 7 lapas yang berada di pulau Nusa Kambangan 




1. Lapas Terbuka
Di lapas ini tidak akan ditemui jeruji besi. Lapas ini berstatus "minimum security" dan dihuni oleh para napi yang dianggap tidak berbahaya karena hanya menunggu masa tahanannya habis atau hanya tersisa 1-3 bulan penjara lagi.




2. Lapas Batu
Lapas ini dibangun pada tahun 1925, sejak jaman penjajahan Belanda. Beberapa terpidana mati kasus terorisme pernah "menginap" disini, sebut saja Imam Samudra, Amrozi, dan Ali Gufron, tiga orang dihukum karena mengorganisir pemboman Bali 2002. Salah satu terpidana mati gembong narkoba yakni Fredy Budiman juga menghuni lapas ini. 


3. Lapas Besi
Lapas ini dibangun pada tahun 1929, konon keseluruhan bagian penjara ini dibangun dengan material Besi yang lebih banyak. Karena itulah di sebut dengan Lapas Besi.




4. Lapas Khusus Narkoba 
Lapas ini yang paling baru di Nusakambangan, resmi mulai beroperasi pada tanggal 28 Maret 2008.



5. Lapas Kembang Kuning 
Lapas ini dibangun pada tahun 1950. Entah karena sebab apa, lapas ini dianggap sebagai lapas yang paling serem. Para napi menyebutnya sebagai penjaranya penjara di Nusakambangan.



6. Lapas Permisan
Lapas tertua yang ada di Nusakambangan, dibangun pada tahun 1908. Konon di lapas ini dulu pernah terjadi pembantai terhadap anggota PKI. Nama Permisan diambil dari bahasa belanda verdwijnen, yang artinya hilang.

Dulu, bila ada napi yang mencoba kabur dari penjara pasti hilang dan ditemukan dalam keadaan mati di dalem di pulau.  Tokoh kriminal yang sudah tobak seperti Johny Indo,pernah melarikan diri dari lapas ini namun tertangkap kembali.




7. Lapas Pasir Putih

Lapas ini mulai dioperasikan pada tahun 2007. Lapas ini adalah satu-satunya  dengan tingkatan Super Maximum Security karena diisi napi-napi kelas kakap. Kebanyakan mereka adalah yang mendapatkan hukuman mati atau seumur hidup atau perlu pengamanan ekstra ketat.

Ketatnya pengamanan dapat dilihat dari bangunan temboknya yang dibuat dengan 3 lapis, tembok beton dan dinding dari kawat baja yang sangat kuat. Ustadz Abu Bakar Basyir konon di tahan di lapas ini.

Apapun alasannya, semoga kita dan keluarga kita dihindarkan dari kejahatan yang menjerumuskan masuk kedalam penjara, apalagi sampai ditempatkan di Nusa Kambangan yang serem ini. Aamiin.



Daftar Bacaan :
1. id.wikipedia.org
2. lihat.co.id

Quote od The day

G+


35 comments

Namaku : Sucipto Kuncoro, Komentarku begini nih : 10:22 AM WIB

kirain nusa kambangan cuma buat hukuman mati aja, ternyata ada tujuh lapasnya dengan kriteria napi yg berbeda

Namaku : webctfatimah, Komentarku begini nih : 10:51 AM WIB

Assalaamu'alaikum wr.wb mbak Yuni... membaca postingan mbak ini membuat saya rasa ngiris dan nyeri. Bisa dibayangkan kesunyian dan ketakutan melalui kehidupan dalam lapas-lapas tersebut walau hanya beberapa bulan. Malah sehari aja sudah rindu sama keluarga, ya. Mudahan kita bisa menjadi warga negara yang baik dan berbakti kepada negara. Salam manis dari Sarikei, Sarawak. :)

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 11:51 AM WIB

iya...sepertinya serem sekali dan mengerikan...

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 11:53 AM WIB

Walaikumssalam Wr. Wb Mbak Fatimah...
Betul. Semoga kita dijauhkan dari kemalangan dan cobaan yang menyebabkan masuk menjadi penghuni penjara dimanapun tempatnya....

Aamiin...

Namaku : cara ampuh tuntaskan kolesterol, Komentarku begini nih : 1:05 PM WIB

ijin nyimak and share jga ya

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 1:08 PM WIB

monggo silahkan...

Namaku : DEWI NUR FITRIANA, Komentarku begini nih : 3:53 PM WIB

ternyata nusa kambangan pulau terluar dari indonesia ya mbak.
saya tahunya nusa malah dari pemberitaan media saat ini yang lagi ramai.

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 4:08 PM WIB

iya, dianggap sebagai pulau terluar yang langsung berhadap-hadapan dengan pulau christmas australia...

Namaku : Adi Pradana, Komentarku begini nih : 7:03 PM WIB

Dekat dengan ausi ya, ntar kalo diserbu gmn ya tu lapasnya sama ausi... Serem euy

Namaku : Imerlina Putri, Komentarku begini nih : 8:16 PM WIB

jadi tau nich beberapa lapas di nusa kambangan, ternyata ada tempat-tempat tersendiri ya

Namaku : Ibrahim M.Pd.I, Komentarku begini nih : 8:33 PM WIB

kabarnya kalau dah di sana ngk bisa keluar ya mbak, karena kelilingnya laut, benarkah itu ?

Namaku : DEWI NUR FITRIANA, Komentarku begini nih : 11:48 PM WIB

dari sekian lapas yang ada di nusa kambangan ini, lapas pasir putih yang keliatan modern ya mbak.
mungkin karena dioperasikan pada tahun 2007 kali ya mbak.

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 3:40 AM WIB

tenang mas...ada hansip, pramuka, satpam dan pam swakarsa di sana.... :)

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 3:42 AM WIB

iya mbak...ada 7 lapas disana yang beroperasi hingga saa ini...

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 3:45 AM WIB

Betul mbak..dan konon itu yang paling ketat penjagaannya,,,,

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 3:48 AM WIB

betul mas...dalam catatan sejarah belum ada yang berhasil melarikan diri hidup-hidup dari lembah kematian itu...

Namaku : Wong Crewchild, Komentarku begini nih : 6:48 AM WIB

ada tujuh lapas rupanya, saya pikir jadi satu..
imejnya yg pernah ke nusakambangan merupakan napi paling berbahaya,
pernah lihat pulau nusa kambangan dari pinggir pantai cilacap

Namaku : Sucipto Kuncoro, Komentarku begini nih : 6:51 AM WIB

*OOT* wah jeng yuni hebat banget akunnya diverifikasi langsung sama om larry page :)

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 7:44 AM WIB

mulanya malah ada 9 mas...

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 7:47 AM WIB

ha,,ha...ha...mulanya mau tak tulis verified by Jokowi...saya pikir2 gak nyambung lagian saya enggak ngidolakan dia..jadi mengkambinghitamkan larry page saja...lagian dia enggak tahu...he..he..he....

menakutkan juga
ijin share and ijin nyimak

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 1:31 PM WIB

mari silahkan....

Namaku : kang jum, Komentarku begini nih : 8:03 AM WIB

denger namanya saja sudah serem mbak :-)
ngeri juga ya mbak lapas kembang kuning (penjaranya penjara)

Namaku : Tips kesehatan, Komentarku begini nih : 1:09 PM WIB

lapas pasir putih hamp sama seperti lapas salemba

Namaku : jellygamatgoldg31, Komentarku begini nih : 12:00 PM WIB

informasi yang sangat bermanfaat nih terimakasih :)
nambah pengetahuan

Namaku : Obat Herbal Kelenjar Getah Bening, Komentarku begini nih : 1:23 PM WIB

Mudah-mudahkan kita semua dijauhkan dari kejahatan sehingga jauh dari yang nama'a lapas atau penjara

Namaku : Kedai Jelly Gamat Gold G, Komentarku begini nih : 2:16 PM WIB

artikelnya sangat bermanfaat mba, jadi nambah wawasan nih :)

Namaku : *zie-dhan*, Komentarku begini nih : 2:43 PM WIB

Informasinya menarik sekali,menambah wawasan ilmu bagi saya.Terimakasih ya

Namaku : orut, Komentarku begini nih : 9:13 AM WIB

seram ih,,
jangan ada lage deh yang di penjara di sana,,cepet pada insaf semua,,
hehe

sangat menarik dan penuh hal hal baru
lanjutkan gan memposting yang lainnya , ditunggu

Nusa kambangan memiliki sejarah yang luar biasa . tapi seram

Namaku : Cara Mengatasi WC Mampet, Komentarku begini nih : 10:28 AM WIB

sipp gan info nya sangat menarik
dan menambah wawsan terimakasih

menarik sekali infonya
bermanfaat serta menambah wawasan
terimakasih banyak semoga sukses terus

Namaku : alat ibadah, Komentarku begini nih : 4:12 PM WIB

wah ternyata ada 7 yaa

Namaku : Mengatasi Kerak Pada Saluran, Komentarku begini nih : 1:46 PM WIB

hmmm
baru tau nyimak dulu gan
terimakasih

HIMBAUAN BERKOMENTAR :
1. Tersenyum Dulu | 2. Berkomentarlah sesuai dengan artikel diatas | 3. Gunakan Open ID / Name Url / Google+ | 4. Gunakan Bahasa Yang Jelas | 5. Jaga Kesopanan Ingat Pasal 27, Pasal 28, dan Pasal 29 UU ITE :) | 6. Jangan Nye-SPAM | 7. Maaf, link aktif otomatis terhapus| 8. Jangan Berpromosi | 9. Jangan minta transfer pulsa | 10. Begitulah.

RECENT


        Jogjakarta         Sleman         Emak-Emak Blogger         Emak-Emak Blogger         Blogcatalog         Bblog         Blogger Perempuan         Blogger Reporter Indonesia         Blogger Hijaber Indonesia
Modified by Yuni Andriyani 2014. Diberdayakan oleh Blogger.