Suara Drumband Menjelang Tengah Malam, Ghaibkah ?

Anda hanya butuh waktu membaca artikel ini.
ilustrasi


Sudah hampir satu bulan belakangan ini saya mendengarkan suara drumband. Suaranya terdengar jelas seperti hanya berjarak ratusan meter. Tiba-tiba suara itu hilang lalu muncul lagi. Begitu berulangkali. Yang menarik adalah suara drumband tersebut terdengar di malam hari, tepatnya di atas jam 21.00 WIB (malam). Suara ini sangat mengganggu saya karena muncul di jam istirahat. Lalu, siapakah yang sedang bermain atau latihan drum band di malam hari, orang ataukah bangsa ghaib ? 

Di Yogyakarta memang banyak kelompok drumband. Kebanyakan dibawah naungan institusi sekolah. Tetapi 100% saya yakin bahwa tidak satupun dari mereka melakukan aktifitas latihan pada malam hari. Saya jadi bertanya, mungkinkah suara itu berasal dari Korp Drumband Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) yang berada dalam satu kompleks dengan Lanud Adisutjipto ?

Google EarthYang menarik adalah AAU sudah membatah bahwa para taruna tidak melakukan latihan drum band pada malam hari. Latihan hanya dilakukan pada pukul 05.00 - 06.00 WIB (pagi hari) dan apabila akan ada performance, maka waktu latihan bisa diajukan mulai jam 4.30. [1] 

Andai saja AAU berbohong dan suara itu memang berasal dari para taruna yang berada sekitar komplek Lanud Adisutjipto, maka sangat mustahil terdengar sampai ke tempat tinggal saya karena alasan jarak, padahal dalam telinga saya, suara drumband tersebut terdengar seperti hanya dalam radius ratusan meter. Sebagai informasi, jarak tempat tinggal saya dengan AAU lumayan jauh. Apabila ditarik garis lurus maka terbentang jarak hampir 7 Km (tepatnya 6.83 km).

Cerita tentang suara drumband ini memang bukan cerita baru, sudah menjadi perbincangan dan diulas di beberapa media (coba anda googling dengan kata kunci drumband ghaib di Yogyakarta). Pada awalnya saya sebenarnya tidak terlalu percaya atas fenomena itu, sampai akhirnya saya mendengar sendiri dalam sebulan terakhir ini.

Pernah ada yang mencoba mencari sumber suara tersebut. Sebut saja namanya Budi. Waktu Ia tinggal di daerah Gedong Kuning, sempat menyangka bahwa ini adalah suara dari Korps Marching Band-nya para karbol Akademi TNI-AU. Namun begitu diburu kearah Maguwo, belum sampai habis Jalan Banguntapan-Maguwo suara tersebut sudah pindah lagi ke arah selatan. Begitu diikuti ke selatan (arah Banguntapan), suara tersebut seakan-akan berpindah ke Barat, atau dari arah kota Yogyakarta.

Begitu juga sekitar tahun 1994, sewaktu ia berada di daerah Kentungan, Jalan Kaliurang Km 7, Suara drumband itu terdengar demikian kerasnya. Seolah-olah sedang berada di sekitar Asrama Haji Ring Road. Karena penasaran, dengan sepeda motornya waktu itu mencoba memburu kesana. Namun lagi-lagi kecewa. Karena Sumber suara tersebut tidak juga ditemukan.[2] 

Karena belum ada penjelasan secara logis tentang suara drumband malam hari tersebut, maka fenomena itu dihubung-hubungkan dengan mitos-mitos tertentu yang diyakini kebenarannya oleh sebagian warga Jogja. Banyak yang meyakini kalau suara tersebut berasal dari genderang "pasukan khusus kasat mata” penjaga wilayah Ngayogyakarta yang sedang berpatroli. Sebagian lagi percaya bahwa suara itu adalah suara genderang Pasukan Nyi Roro Kidul, yang sedang menuju Gunung Merapi dari Laut Kidul atau sebaliknya yang melewati jalur Kali Kuning;

Kali Kuning ? Wow...kalau mitos yang kedua ini benar maka pantas saja suaranya begitu jelas terdengar di telinga saya. Kali Kuning hanya berjarak 300 meter dari tempat saya. Kali Kuning ini memotong jalur alternatif Kalasan - Kaliurang via Sidorejo dan merupakan salah satu kali (sungai) yang dilalui lahar dingin pada saat Merapi meletus beberapa tahun lalu.

Walaupun saya belum bisa memecahkan misteri ini, nampaknya suara drumband yang sering saya dengar ini semakin menambah istimewa Yogyakarta dan dijamin akan membuat kangen siapapun yang pernah menginjakkan kakinya di sini.

Wallahualam bissawab.



Quote od The day

G+


89 comments

Namaku : Ahmad Zaelani, Komentarku begini nih : 5:50 AM WIB

serem juga yah kalau kita denger suara drumb band tengah malam,, bukan karena tengah malamnya tapi karena yang maen drumb bandnya gak keliatan,, hehehe :) saya sih gak percaya kalao belum membuktikannya sendiri,.. masa iyah sih hantu bisa maen drum band heheh kan gak lucu gitu heheh :D

Namaku : Akhmad Muhaimin Azzet, Komentarku begini nih : 12:21 PM WIB

Suara itu, bertalu merdu, begitu dekat, lalu lirih menjauh, di awal malam, kadang seusai dini hari. Dan, faktanya adalah saya selalu senang berkunjung ke blog Mbak Yuni ini, selalu saja ilustrasinya menarik, seger, unik, dijamin ga ada di tempat lain. Tidak hanya Jogja yang istimewa. Blog ini juga istimewa.

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 12:29 PM WIB

saya semula juga begitu mas, gak percaya. Sampai akhirnya saya mendengar sendiri dalam sebulan terahir ini. Tidak hanya saya tetapi juga suami saya kadang juga mendengar. :)

loverina 1:38 PM WIB

Seru ya ceritanya....menarik bgt
..mmbwa memory sy kembali ke Jogja sekian th silam..miss u jogja

Namaku : Lukman Fitrianto, Komentarku begini nih : 5:02 PM WIB

Kalu aku sih Skeptis Lah, hal yang suci seperti Religi saja belum 100% percaya apalagi mistis. n_n

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 7:42 PM WIB

ha...ha..ha... Mas AMA bisa saja loh....but terima kasih atas kunjungannya nggih....salam Jogja Istimewa....:)

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 7:43 PM WIB

Iya...mbak....bagi yang sudah pernah ke Yogya pasti kangen dan ingin datang kembali....kalau ke jogja khabar-khabari ya mbak....:)

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 7:44 PM WIB

Iya, saya semula juga begitu sampai akhirnya mendengar dan mengalami sendiri...:)

Namaku : sri rahma yuli, Komentarku begini nih : 8:25 PM WIB

Dulu waktu masih di Jogja,,kl malam ada suara kayak gamelan/gendrang slalu mikirnya suara2 itu,,hiii...

Namaku : Alaika Abdullah, Komentarku begini nih : 8:55 PM WIB

Kalo saya, termasuk yang mulai percaya fenomena2 ini, Mba Yuni, karena sudah mengalami petualangan gaib yang hampir melayangkan nyawa saya sendiri soalnya. Lagi pula, bukankah Allah sendiri lebih dahulu menciptakan kaum jin daripada Adam? Jadi kaum gaib juga memiliki dunia sendiri, yang hampir tak bisa kita lihat, namun bagi sebagian orang masih mampu mendengar aneka bunyi2an yang mereka hasilkan. Termasuk bunyi drum band itu. Kabarnya, mereka itu banyak meniru kegiatan manusia lho. Di Besilam, sebuah kampung di Tanjung Pura, Sumatera sana, masyarakatnya malah sering mendengar suara kasidahan dan rebana di tabuh gitu deh, padahal di lingkungan yang sepi tanpa penghuni. :)

Seperti kata Mas Azzet, saya juga langsung terpesona dengan ilustrasi pada postingan2 Mbak Yuni lho!

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 9:31 PM WIB

Mungkin pengalamannya sama ya mbak...tetapi yang saya dengar malah suara drumband...

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 9:50 PM WIB

ooohhh jadi mbak Alaika pernah mengalami pengalaman ghaib ya. Kalau sampai mau merenggut nyawa berarti sangat dahsyat itu mbak. Kalau saya hanya berupa fenomena suara dan penampakan tertentu. Saya sependapat dengan mbak Alaika tentang asal-usul penciptaan dan dunia lain selain dunia manusia. Terima kasih kujungan dan supportnya, mbak....:)

Namaku : Lukman Fitrianto, Komentarku begini nih : 9:54 PM WIB

siip, tambah Maps baru di pikiran anda tentang sesuatu yang belum terpecahkan, selamat mumet mencari jawabannya ya, klo dah ketemu dishare lagi Bu.. n_n

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 9:57 PM WIB

ha...ha....ha.....memang mumet kok....tapi takut mencari-cari asal-usul suara itu....:)

Namaku : Ai Wida, Komentarku begini nih : 8:26 AM WIB

serem juga iya mbak kalo ada aneh2 seperti itu, salam kenal iya mbak dari kota tasik. kunjungan baliknya di tunggu iya mbak :)

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 4:22 PM WIB

Iya mbak bagi saya membuat mrinding....salam kenal juga....i will visit you back...

Namaku : ada khabar, Komentarku begini nih : 9:54 PM WIB

itulah uniknya Yogyakarta Jeng.....kota yang akan teringat bagi siapa saja yang mengunjunginya...

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 10:05 PM WIB

Betul....pernak-pernik seperti ini yang membuaat Yogyakarta semakin istimewa.

Namaku : Sugeng Wasiat, Komentarku begini nih : 8:49 AM WIB

Nice info...jogja kota yg istimewah...

Hantunya bawa perangkat pemutar musik CD/ VCD/ dan diperkuat pake amplifier dimuat pake gerobak keliling kampung

itu salam selamat datang, biasanya yang denger cuma orang2 tertentu yang baru masuk jogja. -katanya sih gitu-

Namaku : Angga Putra, Komentarku begini nih : 9:35 AM WIB

Kalo saya hal tsb bukan hal yg baru/aneh. Sekitar thn 90-2002 (masa2 sekolah) setiap setelah isya dan menjelang shubuh jam 3-4 selalu mendengar suara drumband & jika didengarkan dgn seksama seakan2 kita melacak malah semakin menghilang. Kata mbah2 katanya prajurit ghaib kraton jogja.

Namaku : audy lonto, Komentarku begini nih : 9:37 AM WIB

Knp gak skalian lthan bareng aja, khan lbh seru...

Namaku : yo suryo, Komentarku begini nih : 10:32 AM WIB

Sudah jamak dari jaman dahulu kala kita mendengar suara-suara aneh di malam hari. Suara itu tentu ada sumbernya kemudian menjalar ke atmosfer, yang mana pada malam hari tekanan udara rendah membawa atmosfer turun sehingga pantulan suara dapat berkilo2 jauhnya. Silakan anda teliti fenomena ini di kajian-kajian ilmiah. Ini sangat logis dan bukan klenik. Mudah-mudahan dapat dipahami

Misteri lain yang belum terpecahkan adalah: rautan pensil yg ada kacanya itu, kenapa setelah ditiup terus tumpul......."̮..hϱ..hϱ..hϱ.."̮... Nice info mbak yun

suara drumband itu sudah sering terdengar setiap pagi dan sore sekitaran 80-an. Setiap hari terdengar dan munculnya disaat jam2 gak layak untuk latihan, kadang jam 8 malam, kadang jam 4 pagi. tp kl dideketin suara itu hilang, terdengar lagi kl kita menjauh dari area bandara adisucipto.

Namaku : Awalludin DJamin, Komentarku begini nih : 12:23 PM WIB

prediksi saya.... drum band latihan lomba takbiran yang akan diadakan menyambut hari raya idul adha

Namaku : rwlima's, Komentarku begini nih : 1:12 PM WIB

Kalau yang asli jogja,Trutma brdktan dgn adisucipto pasti mengiyakan, trmasuk saya

Bt sy suara drumband gaib d mlm hr sdh tdk asing..swaktu kuliah di jogja sy tggl di babarsari&sesekali mdengar jg suara drumband yg sayup2 yg tkesan gaib..kt org jogja itu sbg tanda org yg mdengarny dtrima d jogja n akn tinggal mnetap d jogja..hm hal itu yg blm sy buktikn krn 15 th d jgj n berakhr pulkam jg hoho..tp jogja tetap istimewa itu sdh tbuktiii..salam Jogja Never Ending Asia

Apakah hanya Mbak alone heard that sound? Or any other people$ around mbak? Something came from ghoib usually only affect to certain people and vice versa

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 7:55 PM WIB

He...he...enggak lah kalau itu mah takbiran....:

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 7:57 PM WIB

Only me lah.....

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 7:57 PM WIB

Sangat istimewa mas sugeng....

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 7:59 PM WIB

Saya sudah 5 tahu di Yogya mas....dan baru menemui fenomena itu...

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 8:00 PM WIB

Ohhh begitu ya....berarti memang ghaib ya mas....sumpeh jadi mrinding...

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 8:01 PM WIB

waduh....lha grupnya saja gak diketahui berada dimana je..bagaimana ma latihan bareng ? :)

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 8:04 PM WIB

Secara ilmiah memang perambatan suara dalam tekanan udara yang rendah dapat dibuktikan....pertanyaannya kan harus ada sumbernya. Jadi yang belum terpecahkan adalah dari manakah sumber suara tersebut. Apakah real time ketika saya mendengarkan atau atmosfer udara bisa menyimpan suara dari aktifitas siang hari kemudian di keluarkan pada malam hari...

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 8:05 PM WIB

he...he,,,,kalau itu ada ilmiah mas......terima kasih......kunjungannya......

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 8:07 PM WIB

ooooo berarti memang banyak yang pernah mendengarnya ya..... kalau informasi anda tahun 80-an berarti kejadian ini sudah sangat lama ya....sampai sekarang....

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 8:08 PM WIB

sepanjang saya ketahui tidak ada lomba drumband menyambut idul adha di yogya mas...

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 8:18 PM WIB

ooooooo gitu ya maksudnya suara itu dari taruna AAU, begitukah?

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 8:20 PM WIB

Mungkin kenangan-kenangannya yang tak bisa dilupakan begitu maksudnya....:) terima kasih kunjungannya...

klo aau, bner kok mbak, mreka klo latihan cm pas subuh doang. tp pernah jg sore. rutinnya sih subuh,, ak pernah ad nginap 2 minggu dsna soalnya.

Namaku : vinia rizqi, Komentarku begini nih : 9:21 PM WIB

Dear mba yuni, belasan tahun saya tinggal di jgja, jg seringg bgt dgr drum band tsbt..tp sya pernh baca sebuah artikel yg mnytkn bhw suar tersebut adalah pantulan suara yg sama ratusan tahun lalu. Bumi ini memiliki sebuah lubang resonansi yg bis merekam bunyi dan menyimpannya utk ratuan tahun slnjutnya..
Dan konon kbarny, itu adlh suara genderangn prajurit yg sedang berlatih drumband do jaman agresi militer belanda dijogja, dimana saat itu, lpngn udara maguwo dibom oleh musuh yg juga menewaskan laksda.Adisutjipto yg saat itu menunggangi pswt Dakota VT Cla...
Wallahuallam

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 11:05 PM WIB

Ohhh begitu ya...jadi masih belum terjawab ya mas suara drumband yang malam belum ada jawaban ya...:)

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 11:16 PM WIB

Mbak Vania
Sejarah tentang laksda adisucipto saya pernah membacanya, tetapi secara belum bisa mencerna penjelasan tentang lubang resonansi yang mereka segala aktifitas masa lalu yang dalam bahasa lain sering disebut sebagai Residu energi...Tapi untuk mendapatkan jawaban yang bisa dilogika jawaban mbak vania ini akan menjadi rujukan saya...terima kasih telah memberikan masukan....:)

Namaku : Unknown, Komentarku begini nih : 7:37 AM WIB

Mungkin Atmosfir punya flas disc kalee, bisa merekan..

Seru...br tau critanya skrg...dulu sering kejogja ..kmrn kesna lg setelah 10 th...ttp ngangenin...emang never ending asia

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 6:55 PM WIB

he,,,he,,,,begitu ya.....

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 6:56 PM WIB

He..he..he...begitulah Yogyakarta Mbak...selalu ngangenin siapa saja yang pernah menginjakkan kakinya disini...;)

Namaku : Portal Berita Unik, Komentarku begini nih : 7:48 PM WIB

wew geri juga yaa

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 7:56 PM WIB

ngeri sekali, apalagi mengalami sendiri...menjelang tengah malah suara itu terdengar....

Saia tinggal di Gunungkidul dan sering mendengar suara drumband juga diatasnjam 9 malam.

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 10:00 AM WIB

wow...sampai di gunung kidul juga ya,,,,,keren sekali berarti drumband ghaibnya.....:)

Namaku : Muhamad Hanafi, Komentarku begini nih : 2:33 AM WIB

Hahaha bakal lama tinggal dijogja mbak? Sama dong. Kalau saya malah sebelum subuh itu (kebiasaan begadang). Gak mungkin banget kan latihan drumband jam 3 pagi? hahaha. Tapi sudah lama saya tidak mendengarnya lagi.

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 10:42 AM WIB

He.he.he..iya mas...memang sudah tinggal di Yogya sejak 5 tahun lalu...:)

Namaku : Wong Crewchild, Komentarku begini nih : 5:24 AM WIB

meski serem, asli bikin penasaran :)

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 9:36 AM WIB

Wah serem sekali mas......dan memang bikin penasaran kok.....

Namaku : atanasia rian, Komentarku begini nih : 8:26 PM WIB

Hai Mak salam kenal, saya juga tinggal di Jogja. memang saya sudah sering mendengar cerita hal yang sama di daerah seputaran AAU banyak juga yang takut awalnya, tapi karena mereka sering mendengar akhirnya terbiasa. Semoga tidak mengganggu ya mak :)

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 10:54 PM WIB

Insya Allah enggak mengganggu mak....

Namaku : fanny fristhika nila, Komentarku begini nih : 12:49 PM WIB

kok serem banget toh mba -_- Apa kamu punya semacam indera ke6 gitu?

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 1:00 PM WIB

enggak mbak...tapi entahlah,,,saya memang beberapa kali mendengar suara itu di tengah malam....dan memang janggal dalam benak saya kalau ada orrang latihan drum band jam segitu....

Namaku : Anak Nelayan, Komentarku begini nih : 9:01 AM WIB

ngeri ngeri sedap, percaya gak percaya

Namaku : Toko Obat Herbal, Komentarku begini nih : 3:58 PM WIB

informasinya bermanfaat

Namaku : Jamu Tradisional Mujarab, Komentarku begini nih : 11:36 AM WIB

kalo lagi ngadaian acara sih ga ghaib :D

Namaku : Cara Menyembuhkan Turun Berok, Komentarku begini nih : 2:19 PM WIB

oalah serem sekali yah,bahkan saya pernah mendengar suara gamelan kaya gitu sekitar jam 1 malam menjelang tengah malam dan suka dibarengi dengan suara ayam berkokok padahal di dekat rumah tidak ada yang memeiliki ayam

Namaku : Obat Herbal Radang Telinga, Komentarku begini nih : 10:13 AM WIB

jadi merinding baca ceritanya juga

Namaku : Mas Rud, Komentarku begini nih : 1:16 PM WIB

Sayup-sayup tedengar tapi sangat jelas, iramanya seperti irama klasik. Teringat saya waktu tahun1992, pertama kali saya menginjakkan kaki saya di Jogja. Karena terlalu sering saya mendengarnya, seperti pengantar tidur lelap saya.

Namaku : yusuf kustriyanto, Komentarku begini nih : 6:26 AM WIB

selama 7 tahun dijogja....di dekat kost saya di sekitar selokan mataram biasa kalo menjelang jam 3-4 pagi sering kedengeran suara drum band ini...

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 1:00 PM WIB

Iya begitulah...saya semula juga gak percaaya sampai saya mendengar sendiri...

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 1:03 PM WIB

He..he...he.. iya kalau sudah terbiasa...

Namaku : Yuni andriyani, Komentarku begini nih : 1:04 PM WIB

nah iya kan...

Namaku : MaseuS Shan, Komentarku begini nih : 1:19 AM WIB

misteri ini mudah mudahan bisa di pecahkan..tetapi soal waktu saja dan alat yang terbatas.

terimakasih untuk informasinya,ini sangat memberikan kami sebuah pengetahuan dan wawasan baru yang sebelumnya tidak mengetahuinya

obat pembersih flek paru-paru tradisional

Namaku : Melodia, Komentarku begini nih : 12:05 AM WIB

Sy org asli dr Jogja. Ketika kost di daerah tegalrejo sering denger. Kt org bakalan kerasan n stay di yk. Dan sampai skr tak pernah meninggalkan Jogja. Love Jogja full

Namaku : ageng prabowo, Komentarku begini nih : 7:09 PM WIB

Baru aja ngalamin tadi pagi, denger suara drumband tapi lebih ke genderang. Dari jam 3an sampai adzan shubuh baru hilang suaranya hehe

Namaku : war dono, Komentarku begini nih : 2:47 AM WIB

Pengalaman yg sama...tapi saya di Surabaya..suara tabuhan dangdut..tak tung gendang dut.... serius...

Namaku : war dono, Komentarku begini nih : 2:57 AM WIB

Saya juga pernah mengalami...tapi suara ketipungan ...didekati ilang ...di jauhi malah terdengar.. tapi ini di Surabaya...

Namaku : war dono, Komentarku begini nih : 2:58 AM WIB

Artinya apa ya...

Namaku : Elkilani Kurnia, Komentarku begini nih : 11:02 AM WIB

Nakutin ya, Alhamdulillah meski saya di Jogja selama 2 bulan gak denger suara-suara yang aneh hehehhe

Namaku : Heri Budiman, Komentarku begini nih : 1:45 PM WIB

Aslamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang data dan anak anaknya, ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa kerja sebagai kulih bangunan, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan AKI ZYEH MAULANA hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsu hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir dari Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda.” sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI ZYEH MAULANA dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Untuk yg di luar indon telefon di +6285298275599,Atau Lihat Di internet KLIK DISINI saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyah Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.

PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA

Namaku : mukena, Komentarku begini nih : 9:36 AM WIB

sereemm juga ya, tapi jadi bikin kangen ke jogja lagi :(

Namaku : alat ibadah, Komentarku begini nih : 3:51 PM WIB

ngeri juga ya :(

Namaku : mumu lala, Komentarku begini nih : 10:08 PM WIB

saya di daerah mojokerto juga sering dgr malahan saya tinggal di pemukiman komplek jadi mana munkin kn ada org main drum.

Namaku : Ahmad, Komentarku begini nih : 5:34 PM WIB

Saya juga pernah mendengarnya di banda aceh.. bukan drum band tapi rebana, saya ga yakin itu nayta atau engga, tapi sering dengar pas mau tiur di malam hari

Namaku : ismi darojat, Komentarku begini nih : 4:31 PM WIB

saya pertama kali diceritain tentang drumband misterius serem juga hehe waktu itu kebetulan saya sedang perjalanan ke jogja dan menginap. udah di jogja malem malem mau tidur inget cerita drumband kok ya rasanya serem banget hihihi.tapi ada rasa penasaran pengen denger. dan setelah saya tinggal di jogja (bolak balik sih gak tiap hari tidur di jogja hihihi) satu bulan kurang lebihnya aku bolak balik jogja. waktu itu aku tinggal dikawasan janti.tapi rasa penasaran itu nihil.aku gak denger drumband hantu itu. beberapa bulan kemudian aku ke jogja lagi. waktu itu aku tinggal di ngemplak dan jreng jreng dini hari hampir jam 3 aku mendengar drumband hantu itu. entah kenapa pas aku pulang ke rumah pas udah mau naik kereta rasanya beraaaattt banget masih pengen berlama lama di jogja. dan mitos tentang "katanya kalau denger drumband misterius di jogja bisa betah di jogja loh rasanya berat ninggalin jogja" benar benar terbukti aku betul betul merasakannya.

Namaku : drumband, Komentarku begini nih : 9:02 AM WIB

belum pernah denger :)

Namaku : jual drumband sd, Komentarku begini nih : 8:17 AM WIB

ini adalah cerita unik di jogja, yang selalu menjadi bahan obrolan kita, menarik, menarik, dan membuat penasaran
kalo butuh drumband untuk anak sd, biar nggak semistis cerita diatas hubungi kami ya. terima kasih

Namaku : Amir mahmud, Komentarku begini nih : 4:51 PM WIB

Kalau di tempat saya dulu, sewaktu orang tua saya masih kecil, suara seperti itu juga ada Mbak, namanya Tundan bodol...hihihi luu ya namanya ^_^. Orang tuanya saya meyakini bahwa tundan bodol ini adalah pasukan dari Nyi Roro Kidul. Dan sepertinya suara drumband yang ada di tempat Mbaknya bisa jadi, mereka adalah pasukan atau prajuritnya Nyai Roro Kidul

HIMBAUAN BERKOMENTAR :
1. Tersenyum Dulu | 2. Berkomentarlah sesuai dengan artikel diatas | 3. Gunakan Open ID / Name Url / Google+ | 4. Gunakan Bahasa Yang Jelas | 5. Jaga Kesopanan Ingat Pasal 27, Pasal 28, dan Pasal 29 UU ITE :) | 6. Jangan Nye-SPAM | 7. Maaf, link aktif otomatis terhapus| 8. Jangan Berpromosi | 9. Jangan minta transfer pulsa | 10. Begitulah.

RECENT


        Jogjakarta         Sleman         Emak-Emak Blogger         Emak-Emak Blogger         Blogcatalog         Bblog         Blogger Perempuan         Blogger Reporter Indonesia         Blogger Hijaber Indonesia
Modified by Yuni Andriyani 2014. Diberdayakan oleh Blogger.