Edukasi Memilih Suplemen Makanan Yang Tepat


Makanan Kesehatan

"Jangan mengkonsumsi suplemen makanan, itu 'gak baik bagi tubuh kita!" Begitu kata beberapa orang.


Walah, saya berulang kali mendengar kalimat itu. Entah apa sebutannya apakah himbauan, peringatan atau pernyataan. Masih mending kalau diucapkan oleh ahli kesehatan. Lha ini diucapin oleh emak-emak yang lagi menunggu si kecil pulang sekolah. Seringkali juga jadi seloroh ibu-ibu di lingkungan kampung saat arisan atau pengajian. 

Menurut anda bagaimana? Anggap saja belum tahu kebenarannya, jadi respon atas kalimat diatas adalah 'bisa jadi iya, bisa jadi tidak'. Simpan ini sebagai jawaban sementara. Mari kita berlogika sederhana untuk menguji benar-tidaknya kalimat diatas, sehingga kita tidak terjebak dalam kata "metaok" alias sok tahu kata orang Jawa Timuran.


Tubuh Membutuhkan Nutrisi

Percayalah bahwa dari kepala sampai ujung kaki, tubuh kita membutuhkan sekian banyak asupan nutrisi sehat setiap hari. Bila tubuh tidak mendapatkan nutrisi, maka akan menyebabkan terganggunya fungsi organ-organ tubuh dan berpotensi menyebabkan sakit.


Kita sering mendengar Si A tiba-tiba jatuh sakit, Si B mendadak terkena stroke, dan seterusnya.

Kenapa penyakit-penyakit itu muncul, salah satu penyebabnya adalah karena fungsi tubuh terganggu karena kurangnya zat penting yang dibutuhkaan oleh tubuh. Dari mana nutrisi yang dibutuhkan tubuh itu ?



ilustrasi
cassandraforsythe.com
Nutrisi, yang terdiri dari vitamin dan mineral-mineral penting tersebut, umumnya didapat dari makanan yang kita santap setiap hari. Utamanya adalah sayuran dan buah-buahan selain makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, jagung, kentang dan sejenisnya. Istilah umumnya adalah Empat Sehat Lima Sempurna (plus susu).


"Pertanyaannya adalah yakinkah bahwa makanan yang kita makan setiap hari sudah memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh ?"

Kebanyakan kita tidak berfikir terlalu mendetail. Inginnya praktis dan tidak mau repot dengan menakar kebutuhan nutrisi harian secara detail.

Disana sini justru banyak yang mempunyai kebiasaan makan salah, yakni sekedar kenyang tanpa mempertimbangkan kandungan nutrisinya, benar khan?


Ilustrasi
Maka dari itu, kita membutuhkan nutrisi tambahan untuk menjaga kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Nutrisi tersebut didapatkan dari luar karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri. Nah, nutrisi tambahan inilah yang disebut sebagai suplemen makanan.

Namanya juga suplemen jadi fungsinya sebagai pelengkap bukan substitusi atau pengganti makanan utama. Inilah esensinya! Nah, dari anotasi diatas, sepertinya sudah dapat disimpulkan sekaligus menjawab penyataan diawal pembahasan bahwa suplemen makanan sangat penting dan berguna bagi tubuh serta kesehatan. Jadi, pernyataan diawal posting adalah sebuah STIGMA - menurut saya.


Stigma Yang Salah

Kenapa masih ada stigma? Saya memahami kalau masih ada yang beranggapan bahwa suplemen makanan berbahaya bagi tubuh. 

Ada banyak penyebab, akan tetapi yang paling mendasar adalah pertamakurangnya pengetahuan dan informasi akan manfaat suplemen yang sesungguhnya dan, kedua, bisa juga karena pilihan suplemennya yang salah.


Ilustrasi

Dua hal itulah yang menyebabkan beberapa orang mempunyai pengalaman kurang menyenangkan dan akhirnya memberikan testimoni buruk tentang suplemen makanan. Oleh sebab itu, masyarakat perlu mendapatkan edukasi yang benar serta informasi yang tepat, agar tidak mempunyai presepsi yang salah tentang suplemen makan dan menjadi apatis.



Memilih Suplemen Makanan Yang Tepat  

Selain sisi manfaat, suplemen makanan telah menjadi trend dan gaya hidup (life style) masyarakat modern saat ini. Masyarakat semakin menyadari pentingnya kesehatan tubuh. Ilmu pengetahuan juga telah memberikan informasi bahwa betapa makanan harian itu tidak memberikan jaminan terpenuhinya kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh secara keseluruhan.

Dalam perkembangannya, Suplemen Makanan yang semula hanya berbentuk multivitamin kini menjadi lebih beragam dengan fungsi yang lebih spesifik seperti suplemen untuk otot, suplemen otak, suplemen jantung dan lain sebagainya.

Pasar kini telah dipenuhi produk-produk suplemen dari berbagai produsen.[1]


Ilustrasi
Masyarakat perlu tahu bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih suplemen makanan yang benar. Selain harus lulus uji Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan mendapatkan Sertifikat Halal, juga sebaiknya memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

Picture1

1. Mulailah dengan mencari informasi tentang produk suplemen makanan yang sesuai dengan kebutuhan. Kalau perlu berkonsultasilah dengan para ahli seperti dokter, ahli gizi dan ahli kesehatan. Hal ini penting agar tidak terjadi kesalahan antara suplemen yang dikonsumsi dengan yang seharusnya dibutuhkan tubuh (salah diagnosa);

picture2
2. Perhatikan dengan baik komposisi zat yang terkandung didalamnya. Prinsip yang paling utama keseimbangan bukan kelebihan;



Picture3
3. Perhatikan dengan seksama apakah suplemen tersebut menggunakan zat sintetis atau alamiah;



Picture4
4. Perhatikan apakah suplemen tersebut menggunakan zat atau komponen biasa atau bermutu (branded ingredients);



Picture5
5. Carilah suplemen yang mempunyai formulasi fungsi pagi dan malam. Kita membutuhkan vitamin dan mineral untuk membantu melakukan aktivitas sehari-hari, dan yang lain membantu tubuh memperbaiki diri sendiri malam hari.

picture6
6. Pastikan bahwa suplemen makanan tersebut tidak menggunakan bahan pengawet maupun pemanis buatan.



picture7
7. Carilah suplemen yang mengandung prebiotik, senyawa fenolik, enzim, dan serat larut. Hal ini penting karena prebiotik menjadi kunci kesehatan pencernaan. Begitu juga dengan senyawa fenolik karena mempunyai manfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri jahat dan mendukung pertumbuhan bakteri baik. Sedangkan enzim memecah zat makanan yang kita makan dan meningkatkan pencernaan. Serat larut menjaga keseimbangan saluran pencernaan.



Nah, dari tujuh hal diatas, hampir semuanya tercakup dalam produk-produk Sea-Quill. Jadi, bila kita memilih produk-produk Sea-Quill, maka itu adalah hal yang sangat tepat. Kenapa demikian? Sea-Quill adalah makanan kesehatan yang diciptakan khusus untuk meningkatkan keseimbangan gizi, vitalitas dan kesejahteraan melalui kualitas produk dan keunggulan.


Bagusnya Sea-Quill

Sea-Quill adalah produk Asli Amerika yang sudah terbukti kualitasnya. Semua produk Sea-Quill merupakan hasil perpaduan antara bahan alami dan teknologi manusia. Apa keunggulan produk Sea-Quill ?

Alami
pantheos.com

a. Bahan Baku Alami
Bahan baku yang dipergunakan diramu dari bahan baku pilihan terbaik dunia (branded) yang merupakan hasil dari sistem penanaman Organik yang memberikan jaminan bebas pestisida, bebas pupuk kimia dan non-GMO (Genetically Modified Organism).

Semua bahan baku yang dipakai telah diuji secara ketat dan klinis menyangkut analisa dan tes mikrobiologi dengan 18 tahapan seleksi dan sortasi, sehingga betul-betul memenuhi persyaratan kemurnian, potensi, kesegaran, keamanan dan kadar zat aktif. [2]


Teknologi
sea-quill.co.id
b. Teknologi
Sea-Quill diproduksi oleh manufacture yang secara spesifik memenuhi standar farmasi. Peralatan yang dipakai terotomatisasi dan computerize menggunakan teknologi canggih dan telah memenuhi memenuhi standar cGMP (Curent Good Manufacturing Practice) dan memenuhi persyaratan NLEA dan DSHEA regulation.

Seluruh fasilitas dilindungi dengan sistem kontrol cuaca yang terkomputerisasi. Demikian juga lingkungan pabrik semuanya dikontrol secara otomatis untuk menghindari cemaran fisik dan biologis. Setiap tahun semua fasilitas dan prosedur produksi dievaluasi oleh FDA dan semua fasilitas yang akan digunakan telah memenuhi standar cGMP.[3]


qualityassurancejobdescription.com
c. Quality Control dan Assurance 
Sea-Quill adalah produk berkualitas karena menjalani pengawasan yang ketat sejak dari bahan baku diterima, tes dan analisa bahan baku, tes sebelum, selama dan sesudah pembuatan, pengepakan hingga pengiriman. Semuanya melalui 26 tahapan prosedur yang diawasi dengan ketat oleh tim QC.

Tahapan produksi dan spesifikasi juga diawasi dengan ketat oleh Quality Assurance (QA). Tim ini memonitor prosedur kalibrasi alat-alat untuk memastikan akurasinya. Hasil akhir produk tidak akan diluncurkan ke pasaran sebelum mendapat pengesahan dari QA. Selain itu, Sea-Quill juga menerbitkan Certificate of Analysis dari tiap produk untuk menjamin kemurnian kandungan nutraceutical. Setifikasi ini dilakukan oleh pihak ketiga yang netral untuk menghasilkan Independent Laboratory Assay.[4]


sydneyhomeinspections.com.au
d. Garansi Uang Kembali
Produk-produk Sea-Quill TIDAK MENGANDUNG ragi, pengawet dan pewarna sintetis oleh karenanya Sea-Quill memberikan Jaminan Uang Kembali (Money Back Guarantee) atas kemurnian, kesegaran dan potensi kandungan zat aktif sesuai zat aktif sesuai pada label yang tertera. [5] 

Jaminan garansi uang kembali ini adalah bentuk komitmen dan jaminan kualitas Sea-Quill kepada konsumen-konsumennya.  




sea-quill.co.id
e. Banyak Pilihan
Produk Sea-Quill sangat lengkap. Tidak kurang ada 36 kategori terlaris dan terpopuler yang disukai masyarakat yakni Alergi Saluran Pernapasan, Asma, Bau Mulut, Diabetes, Gangguan Tidur, Jantung, Kehamilan dan Menyusui, Kulit dan Kecantikan, Mata, Menopause, Pencernaan, Pertumbuhan dan perkembangan anak, Radang tenggorokan, Sex, Sirkulasi Penifier, Stress dan Depresi, Anti penuaan, batuk, Detoksifikasi, Hati dan empedu, Influenza, Kegemukan, Kolesterol, Kulit Wajah, Memori, Osteporosis, Perokok, PMS, Rambut, Saraf, Sinusitas, Stamina, Tulang dan Gigi.[6]


Network
ceritajengyuni.blogspot.com
f. Tersedia Dimana--mana
Sebagai produk suplemen kesehatan yang populer dan banyak dicari masyarakat, Sea-Quill dapat diperoleh di outlet-outlet seperti Boston, Century, Guardian, K-24, Kimia Farma dan Watsons.[7]

Bagi yang menyukai pembelian secara online, konsumen juga bisa melakukan pembelian secara online dengan mengunjungi situs www.sendnpay.com/Sea-Quill. Yang menarik bila melakukan pembelian secara Online adalah adanya fasilitas pembelian "Terima Baru Bayar" dan "Bebas Biaya Pengiriman". Sangat memanjakan pelanggan, bukan ?


K E S I M P U L A N

1
Tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi sehat setiap hari agar seluruh organ berfungsi dengan baik;
2
Pola  makan, jenis makanan dan takaran yang salah menyebabkan tubuh tidak mendapatkan nutrisi yag dibutuhkan dengan baik;
3
Tubuh membutuhkan nutrisi tambahan dari luar karena tidak dapat memproduksi sendiri;
4
Nutrisi tambahan tersebut berupa suplemen makanan; 
5
Masyarakat perlu mendapatkan edukasi yang benar tentang suplemen makanan;
6
Sea-Quill adalah suplemen makanan yang tepat dan terbaik untuk keluarga Indonesia;


Lebih dekat dengan  "Si Hebat" Sea-Quill ini, silahkan menyaksikan Official TVC, mengunjungi situs resmi dan social medianya beriku ini. 




Pembelian Online : www.sendnpay.com/Sea-Quill




Daftar Bacaan :
[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7]  blogcontestseaquill.sendnpay.com
[8] Icon ilustration - Google
[9] Sumber lain terkait


Komentar

  1. aku pernah juga ditawari temanku produk ini mbak,,,aku ditawari vitaminnya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ambil saja mbak, harganya terjangkau kok dan baik bagi kesehatan..

      Hapus
  2. tapi emang kadang saya juga gak takut pakai obat - obatan kayak gitu sih,,, apalagi sekarang banyak suplemen2 makanan yang gak jelas dan khasiatnya juga masih dipertanyakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari yang branded, ada label Halal dan BPOM mas, Insya Allah baik bagi tubuh.

      Hapus
  3. Assalaamu'alaikum wr.wb, mbak Yuni...
    Saya juga mengambil suplemen untuk kesihatan mbak antaranya Chlorella, habatus sauda', buah zaitun dan multi-vitamin. Alhamdulillah, semuanya diambil setelah mendapat nasihat dari ahli farmasi. Mudahan semuanya memberi kebaikan kepada kesihatan ya dan mengambilnya pula bukan untuk suka-suka. Terima kasih untuk informasinya mbak. Sangat bermanfaat sekali.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak.
    SITI FATIMAH AHMAD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh
      Iya mbak Fatimah suplemen makanan pada dasarnya baik bagi kesehatan sepanjang memenuhi prasyarat kesehatan. Ini karena tidak semua nutrisi yang dibutuhkan tidak diproduksi oleh tubuh. Semoga Nutrisi yang dipilih oleh mbak Fatimah bermanfaat.

      Salam dari Yogyakarta.

      Hapus
  4. Mbak saya ikut lomba ini, namun belum pernah coba minum suplemen ini, apakah mba sudah pernah coba, kalau sudah bagi-bagi cerita dan pengalamannya mba.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya dong ,,,,diruma saya sedia Sea-Quill EIMMUNE - khusus untuk menjaga keluarga bila kena radang atau influenza...dibanding dengan obat biasa yang dijual di toko-toko, Eimmune memberikan manfaat lebih cepat membuat reda influenza...dan memang keluarga tidak pernah pakai obat-obatan sepertu ul**aflu,bod**x dan sejenisnya...pengalaman memakai inilah yang akirnya membuat saya berani mengikuti lomba ini...

      Hapus
  5. Semoga aja sea-quil bisa jadi rekomendasi, yang terpenting kandungan kimia jangan berlebih karna biasanya rawan penyakit meradang kembali.

    Saya sendiri lebih fokus terhadap bahan herbal karena sekarang memang menggeluti pengobatan herbal. Salah satunya yang saya pakai jintan hitam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya.....sepertinya menarik tuh mengekplorasi kekayaan alam indonesia menjadi obat-obatan herbal...semoga sukses mas..:)

      Hapus
  6. Edukasi yang benar-benar membuat saya bisa meniai yg baik yg benar mbak, salam kenal yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kunjungannya...salam kenal jg mas...:)

      Hapus
  7. Suplemen ataupun makanan kesehatan memang sangat dibutuhkan untuk menjaga stamina tubuh. Begitu juga dengan edukasi sama pentingnya guna menumbuhkan kesadaran akan perlunya menjaga kesehatan.

    BalasHapus
  8. mantep si yuni..artikelnya puanjang banget, dan relevan
    moga sukses kontes seo nya yun

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih doanya....semoga sukses buat anda juga...

      Hapus
  9. bagus tulisannya. suka dengan gaya tulisanmu, ringan tapi mudengke :D mampir ke blogku yaaa goo.gl/i71HF7

    BalasHapus
  10. memang kadang tubuh memerlukan suplemen makanan untuk memenuhi nutrisi yang belum terpenuhi oleh makanan yang diasup sehari-hari .... tetapi memilih suplemen makanan juga tidak mudah di tengah-tengah banyaknya suplemen makanan dan vitamin yang beredar. Uraian mbak yuni bermanfaat sekali sebagai bahan pertimbangan untuk memilih makanan suplemen yang tepat .....terimakasih sharingnya ya mbak ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, pada dasarnya itu permasalahan utama dalam memilih suplemen makanan. Ada baiknya meminta saran ahli kesehatan atau dokter tentang suplemen mana yang sesuai dengan kebutuhan agar tidak memilih yang salah.....

      terima kasih kunjungannya...

      Hapus
  11. tulisannya panjang banget hehehe...
    tapi memang kita butuh ya yg namanya suplemen, karena kadang kita lengah dlm mengkonsumsi makanan bergizi

    BalasHapus
  12. itulah makanya suplemen dibutuhkan oleh tubu mbak... terima kasih kunjungannya...

    BalasHapus
  13. Emang bahan bakunya dari tumbuhan atau dari hewan suplemen ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari data teknis, sea-quill ini dibuat dengan bahan-bahan alami yang diolah dengan teknologi canggih. Bahan alamai itu kebanyakan berasal dari tanaman dan tumbuh-tumbuhan yang telah disediakan oleh alam.

      Hapus
  14. Walaupun sering mengkonsumsi suplemen yang bagus tapi jangan lupa untuk diimbangi dengan olah raga teratur mbak.... agar kondisi tubuh tidak berpotensi terhadap serangan penyakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas....yang penting itu memang itu olah raga teratur, makanan bergizi dan keseimbangan antara aktifitas dan istirahat...

      Hapus
  15. terimakasih atas informasinya semoga bermanfaat

    BalasHapus
  16. infonya bagus sekali,,bermanfaat

    BalasHapus
  17. informasi yang bermanfaat nih, terimakasih :)

    BalasHapus
  18. terimakasih atas informasinya
    informasinya bermanfaat dan menarik
    di tunggu informasi selanjutnya

    BalasHapus
  19. terimakasih info yang di muat sangat bagus sekali
    ditunggu update nya

    BalasHapus
  20. benergan harus tepat memilih nutrisi , sesuai dengan kebutuhan
    tahnkas gan

    BalasHapus

Posting Komentar

HIMBAUAN BERKOMENTAR :
1. Tersenyum Dulu | 2. Berkomentarlah sesuai dengan artikel diatas | 3. Gunakan Open ID / Name Url / Google+ | 4. Gunakan Bahasa Yang Jelas | 5. Jaga Kesopanan Ingat Pasal 27, Pasal 28, dan Pasal 29 UU ITE :) | 6. Jangan Nye-SPAM | 7. Maaf, link aktif otomatis terhapus| 8. Jangan Berpromosi | 9. Jangan minta transfer pulsa | 10. Begitulah.

Postingan Populer