Ketika Opick Membuatku Menangis Ngeri



Selalu saja aku ngeri ketika mendengar lagu Opick yang berjudul "Bila Waktu Telah Berakhir".  Lagu ini sangat favorite bagi saya dan tidak ada yang bisa menyentuh hati selain lagu ini. Selain ngeri, juga membuatku menangis bila mendengarkannya. Lagu ini ada dalam album berjudul "Istighfar" yang dirilis pada 1 Oktober 2005 dan merupakan album ketiga setelah Pasar Malam di Kepala Mu (1999) dan Tak Ada Habisnya (2003). 

Liriknya sederhana sekali tetapi begitu menyentuh. Seperti bilah pedang yang tajam menghujam ke relung hati. Subhanallah...! 

Bagaimana kau merasa bangga,  akan dunia yang sementara. Bagai manakah bila semua, hilang dan pergi meninggalkan diri mu

Sesungguhnya dunia ini adalah fana. Dunia tidaklah kekal. Semua akan hancur pada waktunya bila serunai sangkakala ditiup oleh Malaikat Israfil dipenghujung waktu kelak. Fananya dunia sama seperti fananya manusia itu sendiri, yang umurnya telah tertawar oleh takdir dan kematian. Mencapai umur 100 tahun saja sangatlah jarang setelah itu mati berkalang tanah. 

Falsafah Jawa yang mengatakan bahwa "Urip iku Koyo Wong Mampir Ngombe" adalah benar adanya, bahwa dunia dan isinya bersifat sementara seperti pengelana yang mencari segelas air minum karena kehausan, setelah itu sudah. 

Entar kita entah isinya dunia yang akan meninggalkan kita. Yang pasti semua menjauh dan menghilang, apapun yang ada didekat kita. Suami, istri, anak dan kerabat dekat akan meninggalkan kita sendiri kelak tanpa terkecuali. 

Bagimanakah bila saatnya waktu terhenti tak kau sadari. Masikah ada jalan bagi mu untuk kembali mengulang ke masa lalu

Kematian menjadi hal yang pasti. Datang kapapun juga tanpa diketahui. Kematian adalah proses transisi perpindahan alam fana ke alam abadi. Ketika ruh dicabut dari badan maka akan menutup semua amalan. Beruntung bagi manusia yang menyadari ini. Hingga berhati-hati dalam menjalani kehidupan di dunia. 

Menyesal bagi manusia yang lalai. Ruh akan meronta-ronta meminta untuk kembali mengulang ke masa lalu dan berharap bisa mengubah menjadi kebaikan seumur hidup. Sekali-kali itu tidak mungkin terjadi dan tidak ada jalan untuk kembali. 

Dunia....di penuhi dengan hiasan semua..dan sgala yang ada akan kembali pada nya

Apapun yang ada di dunia ini, pada waktunya akan kembali kepada pemilik-Nya, Allah SWT, Tanpa terkecuali. Maka tidak ada kekuatan apapun yang mampu menolaknya. Warna-warni dunia tidak ada artinya ketika itu. Sesungguhnya Allah-lah sebaik-baiknya tempat kembali.

Bila waktu tlah memanggil, teman sejati hanyalah amal, bila waktu tlah terhenti, teman sejati tinggalah sepi...

Pertanyaannya, apakah kita sudah mempersiapkan diri bila Allah memanggil ? Apa yang terjadi atas diri kita ketika kita menjadi penghuni liang lahat yang berukuran tidak lebih dari 1 x 3 meter ? Apakah cukup sampai disitu saja akhir kehidupan yang sesungguhnya ?

Ya Allah, aku berpasrah diri kepada-Mu atas segala sesuatu hal. Selamatkanlah diri hamba dan segenap keluarga serta saudara-saudara seiman dari siksa khubur, mudahkanlah menjawab pertanyaan munkar-nakir, Haramkan tubuh kami dari api neraka, beratkanlah timbangan kami serta mudahkanlah meniti shiratal mustaqim.  Amien. 




Komentar

  1. Dunia ini hanya sementara...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas hanya sementara jadi mari kita mengingat akan kematian...

      Hapus
  2. Assalaamu'alaikum wr.wb, mbak Yuni....

    Saya juga menyukai lagu-lagu dari Opick. Lagunya syahdu dan menyentuh hati. Liriknya malah membuat rasa cinta kita semakin mendalam ke pada Ilahi. Lagu di atas benar-benar menyeramkan ya, mbak. Apa lagi kalau dilagukan sat sunyi hening di malam sepi. Benar-benar menginsafkan.

    Salam Ramadhan yang mulia dari Sarikei, Sarawak. :)
    SITI FATIMAH AHMAD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Wr. Wb, Mbak Fatimah
      Betul, lirik dan nadanya sangat syahdu dan menyentuh. Siapapun yang mendengarkan lagu ini membuat semakin tambah keimanan kepada Allah SWT.

      Salam kembali dari Jogja...

      Hapus
    2. Semoga kita menjadi orang yang beruntung yang selalu mengingat kematian kita dan selalu berbuat kebaikan.

      http://i1144.photobucket.com/albums/o494/yuniandriyani/jengyunisukaini_zps97fe8e6b.png

      Hapus
  3. selain membuat suasana jadi adem dan tentrem...lagu2 opick memang banyak di suka ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, mendengar llagu-lagunya Opick seolah terbang entah kemana...begitu...

      Hapus
    2. saat pagi dan menjelang sore sy suka stel musik2 nyA.. :)

      Hapus
    3. saat pagi dan menjelang sore sy suka stel musik2 nyA.. :)

      Hapus
    4. iya, kalau saya jarang kecuali lagu "Bila Waktu Telah Berakhir" ini...

      Hapus
  4. Lagu yang sangat menyentuh hati
    Betapa kita hanya sementara
    Di dunia ini
    Betapa akhirat abadi
    Maka mari kita berbekal ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, hanya sementara tak lebih dari 100 tahun....:(

      Hapus
  5. Opick oh opick... Speechless kalau udah denger lagu-lagunya.. Selalu bikin kita tertunduk dan merenung..

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitulah karya-karya Opick Mbak selalu membuat kita ingat akan Allah...

      Hapus
  6. Ketika kita akan dipanggil Allah, maka saat itu tidak ada lagi pertolongan keculai 3 ya mbak, ilmu bermanfaat, anak shaleh dan sedekah jariyah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, saya sangat sependapat it....Islam mngajarkan hal itu...

      Hapus
  7. Disamping lagu opick yang hits dan mengandung makna,,ini adalah salah satu lagu yang paling "Ngena" banget..bahwa hidup hanya persinggahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak siti...itulah kenapa saya suka sekali sama lagu ini...

      Hapus
  8. sungguh menyentuh sekali mbak,,lagunya kalo di cermati

    BalasHapus

Posting Komentar

HIMBAUAN BERKOMENTAR :
1. Tersenyum Dulu | 2. Berkomentarlah sesuai dengan artikel diatas | 3. Gunakan Open ID / Name Url / Google+ | 4. Gunakan Bahasa Yang Jelas | 5. Jaga Kesopanan Ingat Pasal 27, Pasal 28, dan Pasal 29 UU ITE :) | 6. Jangan Nye-SPAM | 7. Maaf, link aktif otomatis terhapus| 8. Jangan Berpromosi | 9. Jangan minta transfer pulsa | 10. Begitulah.

Postingan Populer