Extra Kurikuler Pacu Prestasi Si Kecil

Tk Al Amien Kadisoka
Juara 1 Kelas Pemula - Drum Band TK Al-Amien Kadisoka 

Beruntung sekali saya ada kesempatan memfasilitasi keinginan si kecil Ayunda. Semula saya khawatir sekali dan takut si kecil kecape'an dan jatuh sakit, karena nyaris hampir setiap hari si kecil aktif mengikuti kegiatan-kegiatan extra kuriruler di sekolahnya ( TK ). Melukis, Menari, Drum Band, Renang, Bina Vocal, Murotal, Sempoa dan Bahasa Inggris. Hari Selasa, Rabu, dan Jumat sore dimanfaatkan untuk sekolah TPA di masjid yang tidak jauh dari rumah.

Oleh sekolahnya, siswa yang mengikuti kegiatan tambahan tersebut  sering diikutkan kompetisi antar sekolah di Yogyakarta. Hal ini yang membuat saya cukup senang. Bukan berapa banyak piala yang telah dikumpulkan si kecil, akan tetapi saya memaknainya sebagai sebuah proses pembelajaran yang penting bagi perkembangannya. Kenapa demikian ?

Sarana Bermain & Memunculkan Bakat
Kegiatan tambahan (Extra Kurikuler) menjadi saranan untuk bermain yang produktif di sore hari sekaligus mengembangkan bakat si kecil. Ini jauh lebih bermanfaat daripada hanya sekedar bermain di rumah karena dalam kegiatan tambahan ini ada tentor yang mengarahkan.

Melatih Kemampuan Intrapersonal dan Interpersonal  
Kegiatan tambahan di sekolah akan melatih kemampuan intra personal anak yakni bagaimana harus bersikap dan beraktifitas sebagai seorang pribadi dan juga bagaimana harus menempatkan diri dan bekerjasama sebagai bagian dari sebuah satu team kecil bersama teman-temannya.

Melatih Anak Berkompetisi
Dengan mengikuti lomba-lomba, maka anak akan mempunyai jiwa kompetisi dan bersaing secara baik untuk sebuah prestasi. Peran Orang tua sangat penting sebagai penyelaras mentalnya agar tidak memunculkan kebiasaan berkompetisi yang curang dan tidak sehat. Peran orang tua juga sangat berpengaruh dan     mendasari pemahaman anak untuk tidak sombong bila sebagai pemenang dan bisa menerima kekalahan bila kalah.


Narsis Ibu-Ibu
Ibunya Ikut Narsis
Bila anak tidak mendapatkan warisan harta benda yang berlimpah, maka cukupilah dengan ilmu dan pendidikan. Itu adalah bekal untuk mencarinya kelak. :)
    

Komentar

  1. Benar, penting sekali memberikan ekskul bagi si kecil mbak. bintang, dari kecil sudah tak ajarin nyanyi... hohoho.... terimalah the liebster award dariku mbak #timpuk

    http://mask-id.blogspot.com/2014/05/liebster-award-dariku-untukmu.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, daripada main-main dirumah saja he he he...

      Hapus
    2. Liebster adalah bahasa Jerman yang berarti Tersayang

      Hapus
  2. hmm bagus mbak....

    suka bgt ama quotenya "Bila anak tidak mendapatkan warisan harta benda yang berlimpah, maka cukupilah dengan ilmu dan pendidikan. Itu adalah bekal untuk mencarinya kelak."

    BalasHapus
    Balasan
    1. He..he..he...kalau dibekali harta maka bisa segera habis, tapi kalau dibekali ilmu yang bermanfaat, Insya Allah akan langgeng. Kata ustadzah pas pengajian, mbak icha....:)

      Hapus
  3. good job gan,artikel ini sangat menarik sekali untuk disimak,keren deh ,,tentunya kami mempunyai wawasan baru yang kami dapatkan setelah membacanya,thanx yah :-)
    obat kolik abodemen tradisional

    BalasHapus
  4. terima kasih untuk artikelnya yang menarik

    BalasHapus
  5. Dulu waktu kecil paling anti dengan yang beginian . ternyata kaya manfaat .

    BalasHapus

Posting Komentar

HIMBAUAN BERKOMENTAR :
1. Tersenyum Dulu | 2. Berkomentarlah sesuai dengan artikel diatas | 3. Gunakan Open ID / Name Url / Google+ | 4. Gunakan Bahasa Yang Jelas | 5. Jaga Kesopanan Ingat Pasal 27, Pasal 28, dan Pasal 29 UU ITE :) | 6. Jangan Nye-SPAM | 7. Maaf, link aktif otomatis terhapus| 8. Jangan Berpromosi | 9. Jangan minta transfer pulsa | 10. Begitulah.

Postingan Populer